Jumat, 30 Desember 2011

Terali Besi

SEKRETARIS DPRD KAB. TEGAL
DI TAHAN
Slawi- Kab. Tegal, MPK
Suhadi, selaku Sekretaris DPRD Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, ditahan di Lembaga Pemasyarakatan Kedungpane Semarang karena diduga terlibat kasus korupsi proyek pengembangan Pangkalan Pendaraatan Ikan (PPI) Suradadi tahun 2007 dengan nilai kerugian Negara Rp 4,1 miliar. Suhadi dibawa ke Lembaga Pemasyarakatan Kedungpane Semarang oleh petugas Kejaksaan Negeri Slawi Kab. Tegal pada Kamis malam setelah menjalani penyidikan tim Mabes Polri." kata Kepala Seksi Pidana Khusus, Mohammad Ginanjar, di Slawi, pada hari Jumat kemarin.
Menurut Ginanjar, kasus tersebut terjadi antara bulan Oktober 2007 hingga bulan Januari 2008, saat tersangka menjabat sebagai Kepala Dinas Peternakan Perikanan dan Kelautan Kabupaten Tegal, Suhadi mendapat alokasi anggaran Rp10 miliar dari Direktorat Jenderal Departemen Kelautan dan Perikanan yang dilaksanakan untuk proyek pengembangan PPI Suradadi Kab. Tegal. tersangka selaku penanggumg jawab penggunaan anggaran itu," Tuturnya.

Selain Suhadi, kejaksaan juga menahan Direktur PT Silva Andia Utama, Rita Susanti selaku Rekanan/pelaksana pekerjaan tersebut, yang diduga secara bersama-sama menyelewengkan danproyekPPISuradadi.

Hal itu berdasarkan hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), kata Ginanjar, hasi audit menyatakan ada penyimpangan penyelenggaraan proyek tersebut, , negara mengalami kerugian senilai Rp4,1 miliar, karena volume pekerjaan proyek PPI Suradadi berkurang senilai Rp2,934 miliar. Hal lain karena pekerjaan tidak terselesaikan dan tidak ada perbaikan terhadap kerusakan bangunan padahal masih dalam masa pemeliharaan senilai Rp1,117 miliar," tuturnya.

Sedangkan untuk proses persidangan kedua tersangka kasus korupsi PPI Suradadi tersebut akan dilaksanakan sekitar Desember 2011 di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Semarang.

Rojikin, selaku Ketua DPRD Kabupaten Tegal, mengatakan, “sebelum penahanan, tersangka, sudah diusulkan untuk diganti sejak beberapa bulan terakhir, bahkan saat ini sedang menunggu pelaksanaan pelantikan Sekretaris DPRD Kabupaten Tegal yang baru”. Tuturnya.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

sebagai masyarakat kecil saya pribadi berterima kasih kepada para penegak hukum yang benar2 membasmi para koruptor dinegri ini,semoga MPK semakin Jaya

iman raharso mengatakan...

trims atas komenya